Home » , , , » Tiga Wilayah di Tiga Provinsi

Tiga Wilayah di Tiga Provinsi

Bencana longsong menimpa beberapa wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah, sedangkan di Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta terjadi angin puting beliung, pada Kamis dan Jumat, (5-6/4). Keterangan tersebut disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Sabtu (7/4).

Menurut Sutopo, sesuai data BNPB, longsong di Provinsi Jawa Barat menimpa 2 Kabupaten, yakni Kabupaten Bandung dan Subang. Di Kabupaten Bandung, longsor terjadi di Kampung Gembor, RT 03/01, Desa Sukamulya, Kecamatan Kutawaringin, sekitar pukul 14.00, Kamis (5/4). Longsoran tebing setinggi 10 meter, menjebol rumah Munawar (40) yang selama ini difungsikan sebagai tempat usaha konveksi. Dua warga mengalami luka-luka akibat tertimpa tembok rumah dan tebing.

Sedangkan di Kabupaten Subang, longsor menimpa Kecamatan Cijambe, Jumat (6/4), yang memutuskan jalur Cijambe-Cirangkong. Akibatnya, akses jalan menuju tiga desa, yakni; Cirangkong, Cikadu, dan Cimenteng, termasuk menuju kantor Kecamatan Cijambe, terputus total.

Di Jawa Tengah, longsor menewaskan 3 orang warga Dusun Putat, RT 6, RW 3, Desa Jlegong, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung. Ketiganya tertimbun longsor saat tengah menggali saluran air di dusun tersebut, Jumat (6/4). Tiga korban tewas, yaitu; Sugiyono (38), Siyamin (35), dan Winardi (23). Longsor terjadi akibat tanah galian untuk menanam paralon air bersih ambrol.

Beda dengan kedua provinsi di atas, angin puting beliung menyapu 3 provinsi. Pertama, Provinsi Sumatera Utara. Puting beliung menerjang Desa Sei Priuk, Tebingtinggi, Serdang Bedagai, Kamis, (5/4), pukul 21.30 WIB. Akibatnya; 1 orang luka berat dan 1 orang luka ringan, 10 unit rumah rusak berat, 29 rusak ringan hingga sedang. Dari 2 yang terluka, 1 di antaranya Raisya, bocah 6 tahun.

Kedua, angin puting beliung juga menerjang  4 kecamatan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa (DIY) Yogyakarta, Kamis (5/4). Tercatat, 2 orang mengalami luka ringan, 1 orang patah tulang, dan 495 rumah rusak. Kerugian ditaksir mencapai Rp972 juta.

Ketiga, puting beliung menyapu 4 desa di Kecamatan Adipala, yakni; Desa Adipala, Penggalang, Doplang, dan Kalikudi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis, (5/4), pukul 15.00 WIB. Bencana tersebut menyebabkan 4 rumah roboh, 2 rumah rusak berat, dan 72 rumah rusak ringan.

Selain itu, akibat cuaca buruk di Kabupaten Cilacap, 5 orang petani disambar petir di Kecamatan Kedungreja dan Kroya, Rabu dan Kamis, (4-5/4). Akibatnya, 2 orang meninggal dunia, yaitu Siti Khalimah (43) dan Sukiman Amir Marzuki (65). Sedangkan di Kecamatan Kroya, seorang petani, Arjo Kimin (48) harus menjalani perawatan di RSUD Banyumas.


Share this article :

Followers

 
Support : Creating Website | Template | Mas
Copyright © 2011. Dunia Dan Akherat - All Rights Reserved
Template Modify and Proudly powered by Free Blog